RSS

Dunia teknologi

The Next Big Thing

PDF E-mail
Saturday, 21 July 2007


Dunia Teknologi Informasi selalu mencatat sebuah ledakan atau revolusi teknologi pada era tertentu,

di Tahun 70-an, adalah era mengecilnya komputer, sebelumnya komputer dikenal sebagai mesin sebesar rumah yang mustahil dimiliki setiap orang. Di tahun 80 tercatat revolusi PC dimana setiap rumah mulai menjadikan komputer sebagai bagian perabotannya. Era 90-an mencatat Internet sebagai revolusi teknologi paling ajaib. dan kini para pakar IT menganggap Web 2.0 sebagai revolusi di tahun 2000-an. Bayangkan jutaan informasi tersebar di internet, mulai dari ensiklopedia gratis (wikipedia) sampai peta satelit dari seluruh pelosok dunia (google earth), bahkan catatan diary (blog) harian seorang remaja dapat dibuka di internet.

Nah kini kita bertanya, kira-kira revolusi berikutnya apa ya?


Majalah Tech Consumer mencoba melihat dari kelemahan internet, yaitu kita masih terikat oleh kabel komputer atau paling tidak harus memangku laptop.

Berikutnya adalah kemampuan Handphone atau super mini komputer yang dapat membantu kita mendapatkan informasi tentang segala hal.

future

Coba bayangkan saat kita pergi ke Dufan atau taman hiburan. pasti kita bingung dimana lokasi roller coaster atau lokasi balap mobil, satu-satunya harapan cuma papan peta lokasi. atau kalau kita sedang berjalan ke museum, kita kurang informasi tentang sejarah atau biodata tentang benda sejarah yang ada disitu. Apalagi bagi pecinta alam, saat bertualang pasti susah mencari arah jalan atau jejak tujuan.

Padahal semua informasi itu sebenarnya sudah ada dalam internet, pasti wikipedia meiliki catatan tentang benda2 sejarah yang ada di museum, dan pasti perusahaan taman bermain atau dufan memiliki catatan dan denah lengkap lokasi permainan. Seandainya handphone kita mampu melakukan itu kan luar biasa, sehingga waktu kita sedang lintas alam kita dengan gampangnya dapat informasi tentang peta lokasi dan keberadaan kita.

Hebatnya lagi, informasi ini akan muncul secara otomatis, melalui GPS yang melacak keberadaan kita, maka saat kita sedang berada di suatu daerah, misalnya dalam mall, maka HP kita akan dipenuhi info tentang daftar toko2 yang ada di Mall beserta lokasi tepatnya.

futre

Wow.

Sumber:techconsumer.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: