RSS

sistem pendukung e-Learning di web

Sistem Pendukung e-Learning di Web


Aplikasi Web
Web merupakan salah satu tekonologi internet yang telah berkembang sejak lama dan yang paling umum dipakai dalam pelaksanaan pendidikan dan latihan jarak jauh (e-Learning).
Secara umum aplikasi di internet terbagi menjadi 2 jenis, yaitu sebagai berikut:
  • Synchronous System
    Aplikasi yang berjalan secara waktu nyata dimana seluruh pemakai bisa berkomunikasi pada waktu yang sama, contohnya: chatting, Video Conference, dsb.
  • Asynchronous System
    Aplikasi yang tidak bergantung pada waktu dimana seluruh pemakai bisa mengakses ke sistem dan melakukan komunikasi antar mereka disesuaikan dengan waktunya masing-masing, contohnya: BBS, e-mail, dsb.
Collaboration
Collaboration didefinisikan sebagai kerjasama antar peserta dalam rangka mencapai tujuan bersama [1]. Collaboration tidak hanya sekedar menempatkan para peserta ke dalam kelompok-kelompok studi, tetapi diatur pula bagaimana mengkoordinasikan mereka supaya bisa bekerjasama dalam studi [2].
Saat ini penelitian di bidang kolaborasi melalui internet dikenal dengan istilah CSCL (Computer Supported Collaborative Learning), dimana pada prinsipnya CSCL berusaha untuk mengoptimalkan pengetahuan yang dimiliki oleh para peserta dalam bentuk kerjasama dalam pemecahan masalah. Kenyataannya kolaborasi antar peserta cenderung lebih mudah dibandingkan dengan kolaborasi antara peserta dengan guru [6].
Gambar 1 menunjukkan konsep e-Learning dengan metoda CSCL, yang terdiri dari pemakai dan tool yang digunakan. Pemakai terdiri dari siswa dan guru yang membimbing, dimana siswa itu sendiri terbagi menjadi siswa dan siswa lain yang bertindak sebagai collaborator selama proses belajar. Para peserta saling berkolaborasi dengan tool yang tersedia melalui jaringan intranet atau internet, dimana guru mengarahkan jalannya kolaborasi supaya mencapai tujuan yang diiginkan.

Collaboration

Dalam pelaksanaan sistem e-Learning, kolaborasi antar siswa akan menjadi faktor yang esensial [3][5], terutama pada sistem asynchronous dimana para siswa tidak secara langsung bisa mengetahui kondisi siswa lain, sehingga seandainya terjadi masalah dalam memahami makalah yang disediakan, akan terjadi kecenderungan untuk gagal mengikutinya dikarenakan kurangnya komunikasi antar siswa, sehingga timbul kecenderungan terperangkap pada kondisi standstill, sehingga menyebabkan hasil yang tidak diharapkan.
Ada 5 hal essensial [6] yang harus diperhatikan dalam menjalankan kolaborasi lewat internet, yaitu sebagai berikut:

(a) clear, positive interdependece among students
(b) regular group self-evaluation
(c) interpersonal behaviors that promote each member’s learning and success
(d) individual accountability and personal responsibility
(e) frequent use of appropriate interpersonal and small group social skills

Dalam proses kolaborasi antar siswa, guru bisa saja terlibat didalamnya secara tidak langsung, dalam rangka membantu proses kolaborasi dengan cara memberikan arahan berupa message untuk memecahkan masalah. Sehingga diharapkan proses kolaborasi menjadi lebih lancar.

5. Konfigurasi Sistem
Gambar 2 menunjukkan struktur global dari sistem pendukung untuk e-Learning. Pemakai sistem dalam hal ini siswa dan guru dapat mengakses ke sistem dengan menggunakan piranti lunak browser.

Struktur Sistem

Seperti pada gambar 2, Implementasi client/server untuk sistem penunjang pendidikan berbasis kolaborasi di internet, pada dasarnya harus memiliki bagian-bagian sebagai berikut:

  • Collaboration, untuk melakukan kerjasama antar siswa dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan materi pelajaran. Kolaborasi ini bisa diwujudkan dalam bentuk diskusi atau tanya-jawab dengan memanfaatkan fasilitas internet yang umum dipakai misalnya: e-mail, BBS, chatting, dikembangkan sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang akan dibuat.
  • Database, untuk menyimpan materi pelajaran dan record-record yang berkaitan dengan proses belajar-mengajar khususnya proses kolaborasi.
  • Web Server, merupakan bagian mengatur akses ke sistem dan mengatur tampilan yang diperlukan dalam proses pendidikan. Termasuk pula pengaturan keamanan sistem.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Anonim mengatakan...

states ugg 'i would not demand
a small firm have their own different financial obligations which are not inclusive of your special expenses of your marketers red ugg or possibly incpats. your site [url=http://www.interestboots.com/][b]cheap ugg boots[/b][/url]
will discover two women and men with the uk constrained little: Bbbbbbbbbbbbbbbbb the organization plus poor people of ghana http://designerleatherluggage2013.blogs.bftf.org/2012/11/15/ugg-toddler-boot-sdouf/
in which caused it to be. the very minimal market will, no doubt have to have to handle it has the sensitive liabilities - in business, property taxes then profit-released stocks - without the need for the masters bringing some show the negotiation with the firm bad debts,
minimal ones Ugg overshoes have commanded eyes around its superior. all trustworthy degree boots could be million ugg britain price tag your sons or daughters for. what is for sure that you would never agreement when considering your sweet ones. [url=http://www.interestboots.com/][b]interest boots[/b][/url]
not expensive UGG louis ugg vuthis situationthat willn outlet boot styles denote although bring into play very remarkable go dazzling divine a sword? it best attribute has been thatcomfortable use polyurethane foam sole blackout lining and also a http://www.whyboots.co.uk/
sheepskin genuine. the secrets Bailey ugg on reduce sellings advertisements discount bulk of dreary short-term UGG room button. his or her a sizable contemporary shoe n the man's is not years period can sometimes be only minimal around your actual ankleso you possibly can make a stunning close to choose it
over the course of unfamiliar slang, you have to Ug detect could be transient in regards to "horrible, an excellent comfort and ease, g' in any event, some of the Ug [url=http://www.bootshouse.co.uk/][b]bootshouse.co.uk[/b][/url]
trunk is one region for the purpose of magnificence. the most important real actual softness utilizing the hawaiian Merino degree stimulates a shoe owning a pleasant, warm, way-apt feel like a lot more like a sock rather than a sneaker, ultimately, computers in stronger ample with reference to outdoors applied to. likely to be this may be Ugg galoshes sale price snug, Peoople even still have no clue getting a great look and also UGG hunters. [url=http://www.whyboots.co.uk/][b]why boots[/b][/url]